02 Agustus, 2009

cinta yang menyahabati

Hamka berkata " sahabat sejati adalah orang-orang yang dapat berkata benar dengan mu . bukan orang-orang yang membenarkan kata-kata mu. "

Karena cinta hadir dalam kehidupan, maka cinta semestinya memanusiakan. cinta yang memanusiakan adalah cinta yang selalu memperhatikan kebahagian dan kepentingan orang lain sebagaimana kita memperhatikan dan kepentingan diri kita sendiri.

Cinta yang mendewasakan Vs cinta monyet

Kedewasaan mulai tumbuh saat kita mulai memiliki rasa perhatian kepada orang lain . pertumbuhan itu matang tergantung cara kita memahami orang lain. Kalau perhatian yang sifatnya seksual itu bukan cinta mendewasakan, tetapi cinta monyet “ Puppy Love” disebut cinta monyet karena masih kekanak kanakan dan belum disertai rasa etis dan tanggung jawab ( seperti Monyet ).

Menurut Mary jo Meadow (1989: 94), Cinta merupakan sesuatu yang keluar dari dalam diri manusia yang ditujukan kepada orang lain demi kebahagiannya dan orang yang dicintainya.

Dari pendapat Meadow didapati beberapa karakter dasar cinta
Kesatu. Cinta pada hakikatnya merupakan sebuah tindakan yang keluar dari kebebasan dan kemerdekaan pribadi manusia. Manusia melakukannya dengan tanggung jawab dan kesadarannya. Cinta selalu berkaitan dengan hak dan kebebasan seseorang atas dirinya dan diri orang lain. Dengan demikian tak satupun otoritas di dunia ini yang bisa memaksa seseorang untuk mencintai orang lain atau tidak boleh mencintai seseorang.

Kedua. Sesuatu yang keluar dari dalam diri, menunjukan keterbukaan dan keterarahan dasariah dalam diri untuk selalu saling mengenal.

Ketiga.Tujuan cinta adalah kebahagian manusia atau pribadi yang saling mencintai. Pada dasarnya cinta merupakan sebuah pengalaman eksistensial dengan sesuatu yang dicintai. Pengalaman itu adalah dasar tali simpul bahwa manuasia berkoesksistensi dengan orang lain. Manusia menjadi sadar akan hakikat dirinya, tujuan perwujudan dan pengembangan diri.

Kebahagian hidup hanya terwujud dalam pengalaman perjumpaan dengan orang lain, disanalah orang saling menghormati dan menghargai,saling menerima dan mengakui sebagai pribadi yang mempunyai nilai dan martabat yang sama dan sederajat .

Persahabatan.
Persahabatan yang paling berharga adalah tidak dibangun atas kepentingan pribadi, tetapi lahir dari rasa persaudaraan dan kemampuan memuaskan jiwa manusia yang membutuhkan cinta dan perhatian.
Orang yang memperkenalkan dirinya sebagai sahabat yang setia tidak boleh membiarkan factor apapun yang mengoyahkan perasaan kepada sahabatnya itu, dimana dia harus berusaha menyingkirkan bencana dan kepedihan yang menimpa sahabatnya, dan menunjukan kepada sahabatnya taman- taman penuh harapan dan bermacam kesenangan.

Seseorang cendikiawan berkata : hidup kita seperti area berbukit bukit, bila seseorang mengeluarkan bunyi , ia akan mendengarkan kembali gemanya. Begitu juga dengan orang yang hatinya penuh cinta dengan orang lain.

Benarlah bahwa kehidupan material kita di bangun atas dasar pertukaran. Bagaimana mungkin kita mengharapkan ketulusan dari orang lain tanpa kita berlaku tulus kepadanya ?. dan bagaimana mungkin seseorang meminta cinta orang lain tanpa lebih dahulu mencintainya.

Cinta Yang menyahabati

Empat Kriteria cinta yang menyahabati

Kesatu. Cinta yang tulus selalu mengandung unsur empati terhadap yang dicintai. Orang yang mencintai dapat mengerti dan merasakan secara baik-baik perasaan-perasaan yang dialami orang yang dicintai.
Hanya orang jujur dalam bersahabatlah yang bias mengalami cinta seperti ini.
Kartini pernah berkata bahwa persahabatan yang tidak dibangun atas kejujuran yang sempurna tidak akan dapat sungguh-sunguh dan tentu tidak akan lama.

Kedua. Orang yang mencintai sangat memperhatikan kesejahteraan dan kebahagian orang yang dicintai, selain itu juga sangat memperhatikan perkembangan diri dari sang kekasih dengan memberikan dukungan-dukungan hangat dan konstruktif.

Ketiga. Orang yang mencintai menemukan kebahagian ketika ia berusaha memberikan pengertian dan sumber-sumber kegembiraan kepada orang yang dicintainya.
Mereka yang sedang mencintai merasa bahwa kebahagian seseorang juga menjadi kebahagiannya begitu juga sebaliknya. Dia akan merasakan sedih bila yang dicintai mengalami kesedihan ataupun menderita ( luka ditubuhmu sakit ditubuhku). Jadi kebahagian cinta akan menjadi lengkap dan utuh kalau keduanya sama-sama menikmatinya.

Keempat. Menerima segala keunikan dan invidualitas dari orang orang yang dicintainya, itu berarti tidak ada pihak yang merasa iri hati kalau salah satu lebih popular atau lebih sukses dari yang satunya. Keduanya akan saling menghargai dan menghormati dalam segala hal serta saling mendukung secara sportif dan spontan demi perkembangan dan kematangan diri, bakat, serta kemampuan yang mereka miliki. inilah cinta sejati yang menyahabati.

Cinta yang menyahabati selalu menuntut kebijaksanaan yang penuh dalam melayari realitas kebersamaan dengan sesama. artinya , dalam pelayaran itu dituntut kearifan kita untuk tidak jatuh pada upaya penonjolan diri karena adanya dia yang dicintai.

Cinta hanya dapat dipahami dan dirasakan dalam kehidupan ini, dia hadir bersama dengan hadirnya kehidupan, cinta tidak bias didoktrin oleh apapun.

Budi S Darma/ dari bebagai sumber dan kenyataan (almamaterplus blogspot.com)

Tidak ada komentar: