12 April, 2008

Perpustakaan Itu Gudang Ilmu

Perpustakaan merupakan sarana yang sangat penting dalam proses belajar dan mengajar. Untuk sebagian besar mahasiswa, perpustakaan merupakan salah satu tempat yang biasa dikunjungi saat menunggu kehadiran dosen yang telat dan tempat untuk mencari bahan kuliah bila mendapat tugas, bisa juga merupakan tempat untuk diskusi, membaca buku, majalah dan koran, yang pasti jangan ribut bisa-bisa dilemparin pakai alat tulis terus dipelototin oleh mahasiswa lain.

Denda 2500 Rupiah Perhari bila terlambat mengembalikan buku
 
Tempat ini jadi dewi fortuna bagi mahasiswa yang mengerjakan Tugas Akhir (TA) dan Skripsi, selain untuk menambah bahan materi kuliah juga sarana untuk melihat contoh TA atau Skripsi yang pernah dibuat oleh mahasiswa senior mereka yang telah lulus. Hal ini dipaparkan oleh Khaerul seorang mahasiswa semester akhir pada program studi Sistem Informasi yang ditemui almamater pada (12/4) di perpustakaan. 
Dia berpendapat bahwa perpustakaan kampus merupakan sarana yang penting, disana kita bisa datang membaca buku, majalah atau yang lainnya dan bisa juga menambah bahan mata kuliah, selain cari di internet. Pria yang saat ini telah bekerja pada salah satu perusahaan swasta ini menyarankan agar koleksi judul bukunya diperbanyak. Walaupun bagi dia pribadi bila hanya untuk membaca buku tidak hanya di perpustakaan kampus karena ditempat kerja juga ada, tapi koleksi disana tidak sebanyak dikampus dan koleksi bukunya juga khusus, pungkasnya.
Hal yang diungkapkan oleh Khaerul telah jadi perhatian bagi Ibu.Hj.Elis Komariah., S.Ag, Kepala Perpustakaan yang saat ini di beri wewenang untuk mengelola gudang ilmu ini, dalam memberikan pelayanan peminjaman buku dibantu oleh 5 orang petugas. Saat ditemui almamater di sela-sela kesibukannya pada (12/04), ibu dosen ini menjelaskan bahwa, sampai sekarang perpustakaan ini telah memiliki 10.051 judul buku untuk program studi, 675 judul buku umum, 3767 Judul TA dan 219 judul Skripsi dari masing-masing program studi. Perpustakaan yang terletak di kampus B ini telah berlanganan dengan enam media umum harian atau bulanan. Untuk periode 2007/2008 telah memiliki 1102 orang anggota dari mahasiswa aktif, 27 orang dari staf dan 55 orang anggota dari dosen.
Pada saat ditanya almamater persyaratan untuk menjadi anggota perpustakaan beliau menjawab cukup dengan mengisi formulir, 2 lembar pas photo, 1 lembar fotocopy KTM dan membayar uang administrasi Rp 2.000 untuk laminating kartu anggota, prosedur ini berlaku bagi semua anggota.
Karena keterbatasan koleksi buku yang dimiliki sementara ini, anggota perpustakaan hanya diperbolehkan meminjam 2 Judul buku untuk 6 hari, bagi pemimjam yang terlambat mengembalikan buku dikenakan denda Rp 2500 (dulunya Rp 500) perbuku untuk 1 hari. tujuan denda sebesar itu agar peminjam termotivasi untuk disiplin dan segera mengembalikan, karena bisa saja buku itu ditunggu oleh yang lain. Uang denda dari anggota selama ini dikelola dan dipergunakan untuk menambah koleksi buku. 
Ibu dosen agama ini menganjurkan kepada pihak yang terkait untuk membantu mahasiswa mencari bahan pelajaran atau pun tugas, dosen-dosen diminta lebih bisa berkerjasama memberikan Referensi judul buku yang digunakan untuk mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa. Buat mahasiswa dia berharap agar bisa memanfaatkan buku di perpustakaan untuk menumbuhkan minat baca dan menambah wawasan atau pengetahuan. Apabila mahasiswa malas keperpustakaan untuk membaca buku maka mahasiswa itu telah rugi karena perpustakaan itu gudang ilmu. (Budi s Darma /Fatah)

Tidak ada komentar: