21 Juli, 2008

Bekerja Sambil Kuliah Siapa Takut !!!!


Mandiri tidak Mesti Menunggu Lulus
almamater.(artikel) Bekerja sambil kuliah jelas tidak mudah. Waktu, energi, dan tenaga mesti di kelola dengan cermat agar dua aktivitas berjalan seimbang. Bekerja mestinya tidak menjadi halangan untuk mengejar pencapaian akademik juga aktivitas berorganisasi. Bekerja akhirnya menjadi tantangan. Nilai akademik mesti sama cemerlangnya dengan kinerja di tempat kerja.
Ungkapan ’Tidak perlu memaksakan diri untuk meraih segala sesuatu,’ komposisi makin ketat dan untuk memenangkannya, seorang yang piawai mengerjakan berbagai aktivitas dalam suatu rangkaian waktu alias multitasking-lah yang akan jadi pemenang.
Belajar berinteraksi di dunia nyata mesti dilakukan semua mahasiswa di Negeri ini agar status mandiri tidak mesti menunggu hingga mereka lulus lalu bekerja. Belajar memenuhi kebutuhan dirinya, selain mendongkrak harga diri, akan membuat mata terbuka melihat dunia nyata di sekitar.
Bekerja dan dunia aktivis pun tidak mesti di benturkan. Mahasiswa yang punya kesibukan dan punya penghasilan sendiri tentu tidak akan mudah terpancing suasana politik praktis yang terkadang melibatkan perminan kotor mereka yang sibuk memperjuangkan kepentingan pribadi dan golongannya. Kesibukan di dunia keja akan membentengi mahasiswa dari godaan politik praktis.
Tapi sebaliknya, mereka pun tidak perlu jadi pribadi yang apatis. Terlibat dalam organisasi kemahasiswaan tetap dapat dilakukan tentu dengan seni sendiri. Tidak sedikit mahasiswa pekerja yang berhasil menyeimbangkan pekerjaan, kuliah, dan organisasi.
Bekerja pun tidak mesti formal atau kantoran. Bekerja paruh waktu, berwirausaha kecil-kecilan, juga tidak buruk dilakukan.
Mandiri dengan usaha sendiri atau bekerja di korporasi sembari menyelesaikan studi akan memupus stigma penganguran intelektual. Alumni perguruan tinggi tidak akan lagi gagap mencari kerja. Ilmu yang di peroleh di bangku kuliah dikombinasikan dengan pengalaman kerja akan menjadi panduan sempurna modal meraih masa dapan, bukan cuma buat diri sendiri, melainkan juga buat bangsa ini. (Budi sd)

Tidak ada komentar: