21 Juli, 2008

Jadi kusir Andong, Demi Cita-Cita Jadi Dokter


Ditengah hiruk-pikuk suasana memperingati hari kebangkitan nasional yang dlaksanakan di silang monas Jakarta pada bulan Mei yang lalu.
Terlihat seorang bocah kecil yang tengah bernegosiasi dengan calon penumpang yang mengajak untuk mengelilingi MONAS (Monument Nasional) dengan Andong.
Selintas terlihat Andong dan kudanya lebih besar dibandingkan dengan postur tubuhnya yang kecil. Namun semua tidak menjadi halangan baginya untuk mendapatkan sedikit imbalan yang akan dibawa pulang ke orang tuanya dan buat biaya sekolah dan adiknya.

Kiki Rizki Aprian, yang akrab disapa Kiki dengan tangkas menarik tali kekang kudanya dan segera melaju perlahan membawa penumpangnya berkeliling monas ditengah panas yang membakar kota Jakarta.

Almamater pun menunggu untuk bisa berbincang-bincang dengan pelajar yang duduk dikelas 5 di SD AA Kemanggisan Jakarta ini. Menunggu sekitar 1 Jam akhirnya dari kejauhan terlihat Kiki dengan senyum Sumringah mulai mendekati parkir andong untuk menunggu penumpang lainnya. Kesempatan itu pun tidak disia-sia kan almamater.

Kiki, pelajar yang lahir pada tahun 1998 (tanggal dan bulannya lupa kata kiki) ini tiap hari Sabtu dan Minggu harus bekerja untuk menjadi kusir andong yang dimiliki bapaknya. Tiap hari Sabtu dan Minggu kiki membawa pulang duit kadang-kadang lima puluh ribu dan ada juga kalau lagi ramai seperti ini bisa bawa pulang seratus ribu.

Pekerjaan ini dilakukan dengan senang hati dan telah setahun ini dia lakukan. Menurut Kiki yang penting bisa sekolah dan bisa bantu orang tua. Jadi Dokter itulah cita-citanya, menurut kiki dokter bisa mengobatin orang lain dan membantu orang yang miskin kalau tidak punya duit untuk berobat. Karena penumpang sudah ada yang mau menumpang terpaksa bincang dengan kiki berakhir, karena dia harus bawa uang pulang untuk biaya sekolah dan keluarganya.
Selamat Kiki kamu pantas untuk dibanggakan dan telah menjadi permata yang berkilau ditengah belantara hutan beton Jakarta yang semakin tidak bersahabat dengan masyarakat miskin. Semangatmu harus kita miliki untuk meneruskan kebangkitan bangsa ini.(budiDarma.Bs/almamater/MEp)

Bio data
Nama : Kiki Rizki Aprian
Panggilan : Kiki
Usia : 10 Tahun
Hobi : Olahraga
Cita-cita : Dokter

Orang tua
Bapak : Jerry
Pekerjaan: Pemain Orkes
Ibu: Dede
Pekerjaan : Rumah Tangga

Sekolah
Kelas 5 di SD AA Kemangisan Jakarta

Tidak ada komentar: